Pengikut

    Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 19 Februari 2012

Kelembagaan Kelompok Tani

Salah satu faktor penting didalam usaha meningkatkan kemajuan kelompok tani adalah dengan memperkuat Kelembagaan Kelompok Tani, ditengah persaingan yang demikian ketat dan semakin berat, dan ketika suatu kelompok membuka hubungan dengan fihak luar, memerlukan kesiapan dan manajemen kelembagaan yang kuat, solid dan telah berjalan, sehingga lebih mudah baik didalam penyusunan proposal untuk permohonan pinjaman kredit ke Bank, atau mau menjalin kemitraan dengan fihak lain, sehingga proses suatu kegiatan tidak terhambat hanya karena kelembagaan kelompok yang belum siap.

Beberapa hal penting dalam upaya untuk membangun Kelembagaan Kelompok Tani adalah :

Membangun Tujuan Kelompok Tani : Secara partisipatoris (melibatkan seluruh Anggota) menyusun dan merumuskan Tujuan Kelompok, yang jelas, rasionil dan bisa dicapai dalam jangka waktu tertentu, mewakili kepentingan seluruh anggota dalam upaya meningkatkan kesejahteraan hidupnya, terciptanya rasa memiliki dari para anggota sehingga semuanya secara kompak ikut memperjuangkan tujuan yang telah disepakati bersama, seringkali suatu kelompok tani tidak berjalan, karena tujuan yang tidak jelas dan samar-samar sehingga kurang difahami anggotanya.
Suksesi Kepemimpinan Kelompok Tani : Perlu dirumuskan dan disepakati bersama jangka waktu seseorang bisa menjabat sebagai Ketua Kelompok, karena biasanya seseorang menjabat posisi ketua selama puluhan tahun alias seumur hidup, hal ini terjadi karena kurangnya kader-kader kepemimpinan yang baru, atau mekanisme suksesi kepemimpinan belum berjalan.
Hasil Musyawarah dan kesepakatan seluruh anggota itulah suara tertinggi, bukan suara para pengurus kelompok, atau segelintir orang-orang yang memiliki pengaruh cukup kuat.
Administrasi Kelompok : Pencatatan seluruh Aktivitas Kelompok Tani.
Pencatatan Keuangan : Mencatat transaksi, membuat neraca keuangan kelompok tani.
Rencana Usaha Kelompok : Adalah penyusunan secara partisipatoris rencana-rencana kegiatan kelompok, dengan nilai skor tertinggi, yang paling mungkin dilaksanakan, Biaya yang tersedia, Sumber daya alam dan sumberdaya manusia, rasional dan bisa dilaksanakan dalam jangka waktu dekat.
Kesekretariatan : Adanya Alamat Kantor Kelompok Tani, sehingga memudahkan fihak luar apabila bermaksud mengunjungi atau survey ke Kelompok Tani untuk suatu urusan.
Proposal : Untuk mendapatkan pinjaman kredit lunak bagi modal usaha.

Menurut ahli kelembagaan kelompok tani, hanya cukup waktu 3 (tiga Tahun) sutu kelompok pemula dapat mencapai ke tingkatan kelompok maju, namun semuanya membutuhkan usaha dan kerja keras serta kedisiplinan yang tinggi dan yang paling dukungan dari seluruh anggota untuk kemajuan kelompoknya.


Mau Lebih lagi Informasinya Klik    :   www.yayasangurungajiindonesia.com :



kurang lengkap KLIK : www.yayasangurungajiindonesia.com

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

simbah wuri
Guru & #Gurungaji di Berbagai lembaga pendidikan
Lihat profil lengkapku